Posted on

Manfaat Perangkat Lunak Desain CAD dalam Arsitektur

Di dunia sekarang ini, teknologi menjadi semakin maju dan membantu kita menemukan cara-cara yang lebih baik, lebih cepat, dan lebih efisien dalam melakukan berbagai hal. Desain CAD mengacu pada gambar berbasis komputer yang digunakan untuk perencanaan interior, struktur arsitektur, dan untuk desain produk. Lewatlah sudah hari-hari cetak biru arsitektur, pensil, kompas dan template. Perangkat lunak CAD telah berhasil mengubah industri arsitektur menjadi lebih baik, dibandingkan dengan peregangan 2D dengan tangan, perangkat lunak CAD dan CAAD lebih efisien. Perangkat lunak ini meminimalkan pengulangan, karena alih-alih menggosok atau mengikis kertas, Anda dapat membatalkan tindakan dengan mengklik tombol.

CAD dan CAAD (desain arsitektur berbantuan komputer) sangat mirip dalam konsepnya, satu-satunya yang berbeda adalah perangkat lunak desain arsitektur yang dibantu komputer mencakup lebih banyak elemen khusus arsitektur, misalnya, teknik arsitektur dan basis data istilah yang hanya ditemukan di industri. Kedua jenis perangkat lunak ini membuat gambar yang akurat dan lengkap.

Keuntungan perangkat lunak CAD atau CAAD (over hand drawing) adalah fitur otomatisasi – fitur ini secara otomatis akan menggambar representasi digital struktur Anda dari gambar sebelumnya. Misalnya, jika Anda menggambar tampilan depan bangunan menggunakan CAD maka perangkat lunak cerdas akan dapat secara otomatis menghasilkan pandangan mata burung dari gambar tampilan depan 3D Anda. Selama perangkat lunak memiliki satu tampilan 3D bangunan Anda, itu akan dapat menghasilkan semua tampilan lain yang menghemat waktu Anda untuk menggambar setiap tampilan. Perangkat lunak CAD memungkinkan arsitek untuk memanipulasi dan memodifikasi gambar dengan mudah.

Perangkat lunak CAD menghasilkan gambar yang lebih realistis, akurat dan komprehensif daripada membuat sketsa dengan tangan. Perangkat lunak ini dapat membuat representasi foto-realistis, dan dapat secara otomatis menghasilkan tampilan lain dari gambar sebelumnya. Menggunakan CAD memberi Anda akses ke desain yang ada sehingga Anda tidak akan selalu harus memulai dari awal ketika merencanakan sebuah bangunan, atau Anda setidaknya akan memiliki titik dasar untuk memulai perencanaan. Ketika seorang arsitek memilih untuk menggunakan desain sebelumnya tanpa menggunakan CAD, biasanya akan melibatkan penelusuran atas rencana lama, yang membutuhkan lebih banyak waktu dan energi daripada menggunakan perangkat lunak untuk menyelesaikan desain.

Sebagian besar arsitek dan perusahaan arsitektur menggunakan perangkat lunak CAD untuk pengalaman yang lebih menyenangkan dan hemat biaya saat merencanakan bangunan baru. Jika klien ingin merevisi aspek tertentu dari desain, itu dapat dengan mudah diedit dengan beberapa klik, menghemat waktu arsitek dan klien dan kerumitan.

Perangkat lunak desain CAD tidak hanya digunakan dalam industri arsitektur – ini juga bermanfaat bagi desainer interior untuk perangkat lunak perencanaan ruangan, untuk pengecer yang menjual dapur atau kamar mandi, dan untuk desainer produk yang perlu memanipulasi desain gambar untuk prototipe sebelum mereka masuk ke dalam produksi. Pasar saat ini kompetitif bagi para insinyur sehingga peranti lunak desain interior CAD memungkinkan lebih banyak waktu untuk modifikasi desain daripada penyusunan dan perancangan ulang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *